Rabu, 27 Mei 2015

Tirta Empul

    Tempat penyucian bagi umat Hindu untuk mendapatkan air suci, berada di daerah Tampaksiring, kabupaten Gianyar Bali. Selain sebagai tempat untuk beribadah tempat ini pun dijadikan sebagai objek wisata.

    Kita sebagai wisatawan bisa melihat secara langsung ibadah yang dilakukan para umat Hindu. Tanpa mengusik dan menganggu. Dikenakan seharga 15.000 untuk bisa masuk ke dalam kawasan ini.

    Tetapi kita tidak boleh masuk ke tempat para umat Hindu berdoa, karna sangat dijaga sekali kekhuyusukannya. Untuk sekedar berkeliling tanpa membuat banyak suara ini sudah menjadi cara kita; wisatawan menghormati warga sekitar. Berada di tempat ini, membuat kita merasa terpukau dengan cara mereka beribadah yang sangat mengesankan.

    Ini yang merupakan sumber dari air suci yang dipercaya dapat meyucikan, dari sumber ini dialirkan langsung ke kolam pemandian yang terletak tidak jauh dari sini. Di kolam pemandian sudah ada para tetua yang siap sedia untuk mendoakan mereka yang ingin disucikan. Terdapat aturan-aturannya, para wisatawan diperbolehkan untuk ikut merasakan air suci ini.

    Ada pula kolam ikan mas di tengah kawasan ini, kita dapat memberinya makan dengan nasi ataupun roti. Jumlah ikannya sangat banyak dan dengan bentuk yang bervariasi. Di sisi lain kolam terdapat restoran yang menawarkan berbagai olahan ikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar