Minggu, 12 April 2015

Sendratari Ramayana

    Dari awal saat memasuki pintu masuk kita akan disambut dengan alunan musik keroncong dan tembangnya. Nuansa Jawa yang sangat kental. Ada pula booth untuk berfoto dan ada beberapa tokoh dari wayang yang akan tampil nanti. Disudut lain juga terdapat selebaran-selebaran yang berisi cerita tentang kisah ramayana yang akan dipertontonkan sebentar lagi. 


    Bertempat di area candi Prambanan dengan menyuguhkan kisah tentang asal-muasal legenda Prambanan. Dekorasi yang sunguh menarik dengan panggung yang berada tepat di depan candi Prambanan. Menjadikan acara ini sangat meriah.

    Dari awal hingga akhir cerita ini dikisahkan dengan menggunakan bahasa Jawa sebagai pengantar, baik dialog antar tokoh maupun dari narasi ceritanya. Meskipun begitu sebelum masuk penonton mendapat gambaran keseluruhan cerita melalui kertas yang berada di pintu masuk dengan berbagai bahasa.

    Aku terpana melihat acara ini, meskipun ketika aku menonton aku tidak dapat mengartikan dengan pasti tetapi aku bisa memahami jalan ceritanya. Durasinya sekitar 2 jam di tempat terbuka.

    Selesai itu pengunjung diperbolehkan untuk naik ke panggung untuk berfoto dengan para penari dan segala tokoh yang ada. Dayang-dayangnya tampak sama antara satu dengan yang lainnya mungkin ini diakibatkan dari pakaian yang mereka kenakan belum lagi tata rias yang tidak ada bedanya. Aku berfoto juga dengan para tokoh-tokohnya. Pakaian mereka sangat menawan.
Pertunjukkan selesai sekitar pukul 22.00, aku kurang mengetahui berapa tiket masuknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar