Rabu, 07 Juni 2017

Perjalanan Menuju Karimunjawa

Hai, pada kesempatan ini aku akan menceritakan pengalamanku selama melakukan perjalanan bersama teman-teman ke Karimunjawa. Surga terpencil untuk para penikmat indahnya lautan di pesisir utara daerah Jawa Tengah.

Perjalanan ini menempuh waktu 5 hari 4 malam, kami berjumlah 13 orang. Tepat pada bulan Februari 2016, tahun lalu mulai dari hari Minggu, 14 Februari 2016 sampai hari Kamis, 18 Februari 2016. Kami tidak ikut paket wisata yang ditawarkan oleh banyak travel. Kami mencari sendiri infomasi mengenai penginapan dan wisata secara mandiri berdasarkan informasi yang didapat dari internet.

Kami menyebrang menggunakan kapal feri KMP Siginjai dari Pantai Kartini, Jepara. Sebelumnya kami menginap terlebih dahulu di penginapan sekitar pantai. Penyebrangan di Pantai Kartini hanya dilakukan setiap hari selang-seling tiap minggunya. Saran dari aku sebelum mengadakan perjalanan lebih dahulu simpan informasi-informasi terkini dari daerah yang kamu tuju agar kamu dapat mempersiapkan segala rencana.

Ini jadwal yang aku dapat dahulu dari internet, silakan kalian cek terlebih dahulu di  website remsi apakah sekarang sudah mengalami perubahan atau tidak. :)

Anggaran yang kami keluarkan tidak mencapai Rp600.000 per orang. Aku masih ada salinan catatan yang kami lakukan untuk ektimasi pengeluaran yang diperlukan selama perjalanan. Catatan ini bermulai dari hari Sabtu, 13 Februari 2016 sebab teman-temanku yang lain berangkat dari Jakarta.

Minggu, 14 Februari 2016 aku menghampiri teman-temanku yang telah sampai di Stasiun Poncol pada dini hari. Lalu kami menyewa angkot yang bersedia membawa kami ke Pantai Kartini. Perjalanan sekitar tiga jam, kami hanya berhenti sekali di tengah perjalanan untuk pergi ke kamar kecil dan membeli minuman segar. Sampai di penginapan sekitar Pantai Kartini siang hari lalu kami beristirahat di kamar, pada sore harinya kami membeli perlengkapan yang harus dibeli. Membeli sayur-mayur, mie instan, telur, dan banyak keperluan logistik lainnya. Memang untuk urusan makan kami mencukupinya sendiri.

Senin, 15 Februari 2016 setelah mencari sarapan kami langsung menuju loket tiket untuk penyebrangan, dulu dikenakan biaya Rp60.000 per orang. Setelahnya kami langsung masuk dan mencari tempat duduk yang nyaman untuk masing-masing.

 
Penyebrangan sekitar 4 jam dan untuk mengurangi rasa bosan kami berkeliling. Kami pergi menuju ke atas kapal, meskipun terik matahari sangat menyengat belum lagi dengan angin yang begitu kencang namun kami tetap ingin mengabadikannya.


Sampailah kami di pelabuhan kecil pulau Karimun Jawa. Ahya betapa senangnya aku menikmati pengalaman pertama ke tempat ini.

Begitu sampai, kami langsung di jemput oleh pihak penginapan menggunakan sebuah mobil pick up. Bagian ini menambah rasa senangnya tiap-tiap kami dengan pengalaman ini. Di penginapan kami langsung berbagi kamar untuk menaruh barang dan siap-siap untuk perjalanan hari ini. Untuk kegiatan-kegiatan kami selama di Karimunjawa akan aku ceritakan di postingan yang berikutnya supaya bisa menjadi referensi kamu yang ingin pergi ke sana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar